Interpretasi Fault dan Horizon pada Reservoar Berdasarkan Penampang Seismik 2D dan Structure Map di Lapangan "T" Cekungan Jawa Timur Utara

Evan Hadyan Thirafi, Yatini Yatini

Abstract


Negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengahasil minyak bumi dan gas alam terbesar di dunia. Salah satu cekungan yang terbukti menghasilkan minyak dan gas bumi yaitu Cekungan Jawa Timur Utara, dimana formasi yang dianggap zona reservoar merupakan formasi “Z” dengan litologi berupa batugamping Globigerina. Dalam zona reservoar terdapat struktur yang menghasilkan jebakan gas pada lapangan “T” dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis trap dan arah penyebaran trap pada reservoar. Untuk itu dibutuhkan tiga data untuk menginterpretasi yaitu data seismik, data Logging dan data marker. Dari ketiga data tersebut, pada seismic section dilakukan picking horizon & picking fault pada top formasi. Setelah itu dibuatkan time structure map dan depth structure map. Dalam penampang seimik lintasan B – B’ berarah Utara – Selatan terdapat salah satu pola amplitudo khas yaitu wavy pararell dimana pola amplitudonya terlipat yang diinterpretasikan terjadi pada masa postdepositional tectonic. Seismic Section lintasan B – B’ lebih banyak struktur dibandingkan lintasan A – A’ sehingga penyebaran zona reservoar gas dan jebakan lebih banyak pada arah Utara – Selatan (N – S), hal ini ditandai dengan pola closure pada peta struktur waktu dan peta struktur kedalaman yang diinterpretasikan sebagai antiklin. 

Kata Kunci :  Antiklin, Interpretasi Seismik, Peta Struktur

Full Text:

PDF

References


Kenyon, C. S., 1977, Distribution and Morphology of Early Miocene Reefs, East Java Sea, Indonesian Petroleum Association 6th Annual Convention.

Mudjiono dan Pireno., 2002. Exploration of the North Madura Platform Offshore east java Indonesia. Proceedings of the Indonesian Petroleum Association, 28th Annual Convention Proceedings. Indonesian Petroleum Association.

Satyana dan Purwaningsih., 2003. Oligocene Carbonate of java: Tectonic Setting and Effect of Volcanism. Proceedings of Joint Convention IAGI & HAGI.

Sukmono, S., 1999. Interpretasi Seismik Refleksi. Teknik Geofisika. Bandung: ITB.

Triyana, Y., Harris, I. G., Basden, A. W., Tadiar, E., Sharp, C. N., 2007. The Maleo Field : An Example of The Pliocene Globigerina Bioclastic Limestone Play in The East Java Basin – Indonesia. Proceedings Indonesian Petroleum Association. Thirty – First Annual Convention & Exhibition.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmel.v3i1.2537

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jmel.v3i1.2537.g2467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This Journal indexed to :

Crossref Content Registration

Crossref Content Registration

JMEL on GS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Statistik Jurnal Statistik Jurnal