STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA SANGUREJO DI KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN

Nurdin Prasetya, Budiarto Budiarto, Teguh Kismantoroadji

Abstract


Desa Wisata Sangurejo merupakan objek wisata yang baru dirintis yang memerlukan strategi pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis rumusan strategi pengembangan Desa Wisata Sangurejo di Kabupaten Sleman berdasarkan analisis IE dan analisis SWOT. 2) Menentukan keputusan strategi yang tepat dalam pengembangan Desa Wisata Sangurejo di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui rumusan strategi pengembangan desa wisata menggunakan Matriks SWOT dan Matriks IE. Untuk mengetahui strategi yang tepat bagi pengembangan desa wisata menggunakan analisis Matriks QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rumusan strategi pengembangan Desa Wisata Sangurejo dengan menanfaatkan kekuatan dan berkonsentrasi pada peluang adalah strategi pengembangan produk, meningkatkan promosi, dan bekerjasama dengan stakeholder. Desa Wisata Sangurejo yang berada pada posisi tumbuh dan berkembang menggunakan alternatif strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. 2) Keputusan strategi yang tepat bagi pengembangan Desa Wisata Sangurejo adalah strategi penetrasi pasar.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Imas Ayu. (2018). Strategi Pengembangan Agrowisata Gumur (Gunung Sari Makmur) di Desa Gunung Sari, Kecamatan Bumiaji, Batu. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya: Malang.

David, FR. (2009). Managemen Strategic. Konsep edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Dharmawa I.M.A, Sarjana I.M, dan Yudhari I.D.A.S. (2014). Strategi Pengembangan Desa Wisata di Desa Belimbing Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, 3(1) :1-11.

Haridayanto, Irwan Soejanto, dan Intan Berlianti. (2018). Analisis Strategi Pembangunan Desa Wisata di Sentra Pengrajin Keris. Jurnal OPSI, 11(1) : 1-13.

Kholil, A Yusuf dan Ninin Khoirunnisa. 2018. Strategi Pengembangan Desa Wisata Gubuk lakah. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Ekonomi OPTIMA, 2(1) : 27-40.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugraha, Dina Novia Priminingtyas. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Kecap Cemara Dengan Metode Blue Ocean Strategy dan Balanced Scorecard Pada UKM Cemara Food, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Jurnal Habitat, 27(1) : 14-24.

Palit, Ireine Gratia. Celcius Talumingan, dan Grace A.J. Rumagit. 2017. Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan. Jurnal Agri-Sosio Ekonomi, 13(2A) : 21-34.

Pambudi, Siwi Harning, Sunarto, dan Prabang Setyono. 2018. Strategi Pengembangan Agrowisata dalam Mendukung Pembangunan Pertanian – Studi Kasus di Desa Kaligono (Dewi Kano) Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, 16(2) : 165-184.

Rangkuti, Freddy. 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Utomo, Slamet Joko, dan Bondan Satriawan. 2017. Strategi Pengembangan Desa Wisata di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Jurnal Neo-Bis. 11(2) : 142-153.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v20i2.3491

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v20i2.3491.g2639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.