Analisis Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Agrowisata Jogja Star Garden Seyegan

Anisa Listiyani, Nanik Dara Senjawati, Ni Made Suyastiri Yani Permai

Abstract


Pariwisata merupakan sektor penting yang berkontribusi terhadap ekonomi masyarakat. Pengelolaan pariwisata berbasis pertanian semakin berkembang setiap waktu. Hal ini menyebabkan terciptanya persaingan bisnis untuk menciptakan konsumen yang loyal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan konsumen agrowisata Jogja Star Garden dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen agrowisata Jogja Star Garden. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan survei. Metode pengambilan responden dengan teknik sampling insidental dengan jumlah sebanyak 50 responden. Kriteria responden adalah konsumen dengan rentang usia 15-64 tahun yang telah melakukan pembelian buah belimbing pada agrowisata Jogja Star Garden minimal satu kali untuk dikonsumsi sendiri selama satu tahun terakhir. Penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi mempengaruhi kepuasan konsumen agrowisata Jogja Star Garden. Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi mempengaruhi loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen agrowisata Jogja Star Garden.


Keywords


Kepuasan, Loyalitas, Pelayanan, Produk, Promosi

Full Text:

PDF

References


Butarbutar, dkk. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pininta Coffee Pematangsiantar. Jurnal Manajemen, 7(2), 200-207.

Dewi, N.F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Sayuran Organik. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Pembanguanan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Imaduddin, A., H, Susanto, W. H, dan Wijayanti, N. (2017). The Influence of Ripeness Level Of Starfruit (Averrhoa Carambola L.) and Addition of Sugar Proportion On Physicochemistry and Organoleptic Properties of Starfruit Lempok. Journal of Food and Agroindustry, 5(2), 45–57.

Irawan, H. (2015). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Marditasari, M., Subagja, H., & Kasutjianingati, K. (2019). Analisis Faktor Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Produk Minrose di Teaching Factory Divisi Pengolahan SMK PP NEGERI 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pertanian, 10(1), 23-31.

Nurngaeni, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus pada Home Industry Subama Batik Kroya-Cilacap. Jurnal Manajemen dan Ekonomi 4(2), 192-202.

Nurwulandari, A., & Maharani , S. (2021). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Coffee 19 Cafe (2020). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3) 465-493.

Rasmikayati, E., Nurisa, A. S., Yuniar, D.F., Hanifatur, A. N.I., Bobby, R.S., & Khairuna, U. (2020). Keterkaitan antara Karakteristik Konsumen dengan Tingkat Kepuasan Mereka dalam Melakukan Pembelian Sayuran Organik di Pasar Modern Kota Medan. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 5(1), 104-114.

Sediawan, R. (2015). Analisis dalam Menciptakan Kualitas Pelayanan untuk Mengarah pada Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 2(1), 1-10.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumiasih, I.H., Linda, O., Dessy, I.S., dan Ratna, Y. (2016). Studi Perubahan Kualitas Pasca Panen Buah Belimbing dengan Beberapa Pengemasan dan Suhu Simpan. Jurnal Agrin 20 (2), 112-122.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wahyuni, E. (2018). Analisis Fator-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabe Intervening pada Produk Buah Pepaya Calina IPB 9 di Medan. Thesis. Universitas Sumatera Utara

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v24i1.9251

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v24i1.9251.g5502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anisa Listiyani, Nanik Dara Senjawati, Ni Made Suyastiri Yani Permai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.