Perumusan Strategi Bisnis Warung Preksu Dalam Menghadapi Dampak Perekonomian Akibat Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Analisis SWOT

Muh. Yuscha L.M, Indro Herry Mulyanto*, Humam Santosa Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi untuk Warung Preksu dalam upaya meningkatkan penjualan dan memenangkan pasar di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan unit analisis Warung Preksu di Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada karyawan Warung Preksu yang berjumlah 62 responden serta wawancara dengan beberapa narasumber. Data diuji untuk dinyatalan valid dan reliabel. Analisis data mengunakan matriks SWOT dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan Warung Preksu berada dalam posisi yang mendukung strategi agresif, dengan memperbaiki kualitas produk dan layanan penjualan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Strategi ini dirasa tepat karena adanya ancaman dari pesaing baru serta situasi pandemi COVID-19. Kemasan yang menarik, membuka rekrutmen karyawan baru, membuat tim khusus untuk menjaga kualitas bahan baku, mendaftarkan Warung Preksu ke aplikasi Shopee Food, dan menjadikan seluruh karyawan sebagai pemasar merupakan hal-hal yang perlu dilakukan Warung Preksu dalam rangka mengimplementasi strategi tersebut.

 

Kata Kunci: strategi bisnis, persaingan, strategi agresif, kualitas.

 


References


David, Fred. R. 2002. Manajemen Strategis Cetakan Indonesia. PT. Prenhallindo

____________.2016. Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat

Hitt, M.A., 2011. Strategic management: Competitiveness and Globalization: Concepts. Ninth Edition.USA: South-Western Cengage Learning.

Hunger, J. David & Wheelen, T. L. 2007. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit: ANDI

Rangkuti, Freddy. 1999. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Abad 21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sondang P.Siagian. 2000. Manajemen Strategik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sabariah Etika. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: ALFABETA

Tjiptono, Fandy. 2001. Startegi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

www.covid.go.id , diakses pada tanggal 2 Januari 2021

www.preksu.com , diakses pada tanggal 10 Februari 2021

www.lipi.go.id , diakses pada tanggal 14 Februari 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) by jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jiab


Lisensi Creative Commons

Disseminated Under Licence Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional  View My Stats