Suksesi Kepemimpinan Kraton Ngayogyakarta dalam Dualitas Struktur

Wahyuni Choiriyati

Abstract


Sabdaraja yang disampaikan oleh Sultan Hamengkubuwono X mengungkapkan bahwa putri sulungnya akan diangkat menjadi penerus tahta kraton Yogyakarta. Hal ini menimbulkan ketegangan antara sultan Hamengkubuwono X dengan adik-adiknya. Semua ini dikemas dalam praktik komunikasi budaya konteks tinggi yang tidak mudah diterjemahkan masyarakat awam. Fokus tulisan ini adalah menggambarkan pemakanaan masyarakat Yogyakarta terkait sabdaraja dan segala hal yang berkaitan dengan struktur kekuasaan dan budaya yang melingkupinya. Menggunakan strategi fenomenologi dengan paradigma kritis, data digali dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi pada enam orang yang dianggap memahami konteks permasalahan ini di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik komunikasi keluarga kraton merupakan bagian dari budaya konteks tinggi yang agak sulit dimakanai orang awam. Posisi sebagai pemimpin memberikan keuntungan secara politik dan ekonomi sehingga menimbulkan kontestasi dan ketegangan. Hal ini nampak dalam bisnis keluarga keraton dan pajak tanah yang diterima. Hal ini akan terus dilanggengkan melalui struktur budaya yang ada. Pemimpin tidak lagi berusaha melayani saat ini melainkan cenderung dilayani. Masyarakat dianggap tidak memiliki kepekaan dan tatanan kritis sehingga menerima tafsir strukturasi kekuasaan dengan terbuka karena dogma seorang Raja. Hal ini merupakan kekuatan yang dimainkan aktor sosial dalam realitas budaya, karena masyarakat sejatinya menghendaki sebuah wacana yang terbuka, arif dan bijak mengikuti elemen rasionalitas sekaligus kesadaran atas peran pemimpin bagi rakyatnya.


Keywords


Suksesi Kepemimpinan, Struktur, Kekuasaan, Budaya dan Komunikasi

References


Denzin, Norman, K. & Yvonna S.Lincoln (Ed.) 1994. Handbooks of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Geertz, Clifford. 2013. Agama Jawa: Abangan, Santri Priyayi Dalam Kebudayaan Jawa, Editor: Aswab Mahasin dan Bur Rasuanto. Depok: Pustaka Jaya.

Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenologi: Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Littlejohn, Stephen W dan Foss, Karen A. 2014. Teori Komunikasi, Edisi Sembilan. Salemba Humanika: Jakarta.

Littlejohn Stephen, W. 1996. Theories of Human Communication. (Fifth Edition). Belmont: Wadsworth Publishing Company.

Mulyana, Deddy. 2001. Mengapa dan Untuk Apa Kita Mempelajari Komunikasi Antar Budaya, Dalam: Komunikasi Antar Budaya, Panduan Berkomunikasi Dengan Orang-Orang Berbeda Budaya, Editor: Deddy Mulyana dan Jalaluddin Rakhmat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2003. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar, cetakan kelima. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B dan A. M Huberman . 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi. 1992. Jakarta: UI Press.

West, Richard dan Turner, L.H. 2000. Introducing Communication Theory: Analysis and Application, Mountain View. CA: Mayfield Publishing.

Ritzer, George, 1996, Modern Sociological Theory. The McGraw-Hill Companies: Singapore.

S.Shimanoff. 1980. Communication Rules: Theory and Research, Beverly Hills. CA: Sage Publication Samovar.

Larry A., Porter Richard E., dan McDaniel Edwin R. 2014. Komunikasi Lintas Budaya, Edisi 7, Jakarta: Salemba Humanika Sindhunata. 1978. Dilema Usaha Manusia Rasional. Gramedia: Jakarta.

Sunarto.2000. Analisis Wacana Ideologi Gender Media Anak-Anak. Semarang: Mimbar & Yayasan Adikarya Ikapi serta Ford Foundation Sobur, Alex. 2013. Filsafat Komunikasi Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: Rosda Karya.

Tubbs, Stewart L., dan Moss, Sylvia. 2008. Human Communication: Prinsip Prinsip Dasar, Editor Deddy Mulyana. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wirawan, IB. 2012. Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Definisi Sosial dan Perilaku Sosial. Kencana: Jakarta.

Yanuardi, Dian , Commoning, Dispossession Projects and Resistance: A Land Dispossession Project for Sand Iron Mining in Yogyakarta, Indonesia, hlm 17. Disampaikan dalam International Conference on Global Land Grabbing II pada 17-19 Oktober 2012. (Organized

by the Land Deals Politics Initiative (LDPI) and hosted by the Department of Development Sociology at Cornell University, Ithaca, NY).

Aditjondro, George Junus. SG dan PAG,

Penumpang Gelap RUUK Yogyakarta. Harian sore Sinar Harapan, 31 Januari 2011. Diakses melalui http://indoprogress.com/2011/02/sgdan-pag-penumpang-gelap-ruuk-yogyakarta/ pada 2 Desember pukul 21.36 WIB.

www.yogyakarta.bps.go.id, diakses 9 Desember 2015, pukul 14.10 WIB Surat Kabar dan Tabloid.

Harian Kedaulatan Rakyat, terbit Yogyakarta, 4-5-6 Mei 2015

Tabloid Nova edisi 1420/XXVIII terbit 11-17 Mei 2015




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v15i1.2156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats