Pendekatan Komunikasi Partisipatif sebagai Model Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR ) JAPFA4Kids

Susilowati Natakoesoemah

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR ) telah menjadi bagian yang integral dalam industri bisnis saat ini. Paradigma CSR pun telah berubah, perusahaan harus berusaha mengimplementasikan CSR dengan pendekatan Sustainable Development Goals (SDG’s)“ pada visi businessnya. Prinsip yang dikandung dalam Sustainaible Development pada intinya adalah perusahaan tidak hanya memperhatikan keuntungan perusahaan semata dengan cara menjaga reputasi, corporate image atau meningkatkan market share namun juga harus mengembangkan proses pembangunan tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi yang akan datang. Oleh karena itu SDG’s melibatkan 3 pilar atau yang dikenal dengan “Triple Bottom Line “ yakni pertama meminimalisir kerushakan lingkungan; Kedua , memberikan manfaat kepada masyarakat dimana organisasi berada; Ketiga, memberikan “economic value” bagi perushaan. Untuk menjalankan prinsip program CSR dengan prinsip SDG’s ini memerlukan partisipasi dari perusahaan maupun masyarakat , maka untuk membantu mengatasi solusi ini diperlukan pendekatan komunikasi partisipatif dalam pelaksanaan program CSR. Makalah ini mengindikasikan bahwa untuk mendorong perubahan perilaku kebiasaan masyarakat sehari-hari atau meningkatkan kesadaran masyarakat tidak cukup hanya melalui pengembangan komunikasi partisipatif , namun diperlukan pula program yang berkesinambungan dengan melakukan mentoring dan berbagi pengetahuan untuk memperkuat sikap dan perilaku terhadap kesehatan dan gizi serta kebersihan.


Keywords


Corporate Social Responsibility, Sustainable development Goals, komunikasi partisipatif.

Full Text:

PDF

References


Almunawar, MN.& Patric, Kim Cheng, 2014, Corporate Social Responsibility And Sustainable Development. Springer, London.

Bhagwat, Prajali, 2011, Corporate Social Responsibility And Sustainable Development. Institute Management Of Technology.

Cakravorti, et.al, 2016, Geo Times Indonesia.

Chitnis, 2005, Communication For Empowerment And Participatory Development, India.

CSR Netherlands, 2016. Country Scan CSR In Indonesia.

Ellen, Brooke, 2009. The Social Impact Of Corporate Social Responsibility : A Case Study. Florida State University.

Frontier, 2013. A New CSR : Business And Population Health: Mobilizing CSR to Strengthen Corporate Engagement On health And Welness Across The Value Chain, 2013. BSR).

Ihlen, Oyvind, et.al, 2011. The Handbook Of Communication And Coporate Social Responsibility. Issa, T & Theodore, 2017, 4th, International Conference On CSR Sustainaibility, Ethics & Government. Perth, Australia. KEHATI,co.id, 2017.

Management Mentor, 2018, Management Mentor . com

Kotler, P & Lee, Nancy , 2005. Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good For Your Company And Your Cause. Wiley

Mefapolus, Paolo, 2003. Theory And Practice Of Participatory Communication. The University Of Texas.

Mickel, B. Hoelman, et.al, 2015. MDG and SDG’S: Global Goals For 15 Years.

Michele Chen, 2017. Angka Kekurangan Gizi Diambang Batas WHO; World Commision On Environment And Development, CNN Indonesia, 2017.

Mohr, Lois , et.al. Do Consumers Expect Companies TO Be Socially Responsibility On Buying Behaviour.

JAPFA, Panduan Pelaksanaan Program, 2017.

Ross, Gordon, et.al. 2009. A frame work For Sustainable Marketing.

Saleh, Muhammad, Unilever Corporate Social Responsibility, 2015.

Simon, Hendeberg & Fredrik, Lndgren, 2009. CSR In Indonesia : A Qualitative Study From A Managerial Prespective Regarding Views And Other Important Aspects Of CSR In Indonesia

Stead, Martine, et.al, 2007. A Systematic Review Of Social Marketing Effectiveness. Emerald Group Publishing Limited. Stirling.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i3.3206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats