Strategi Kampanye Public Relations Indonesia Stock Exchange dalam Program Yuk Nabung Saham

Anisa Diniati, Dudi Ardans Rachman

Abstract


Penyelenggara pasar modal melihat tingkat literasi dan inklusi yang rendah, oleh karenanya perusahaan tersebut membentuk kampanye Yuk Nabung Saham yang dikelola oleh bagian Public Relations (PR) Indonesia Stock Exchange (IDX).  Hal yang menjadi menarik pada masa pandemi ini adalah PR IDX memberikan inovasi kampanye yang dikemas secara virtual. Dikarenakan kebutuhan masyarakat terkait investasi sangat tinggi di masa krisis ini, PR IDX berusaha konsisten menjalankan kampanye tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kampanye tersebut dengan menggunakan teori acuan Cutlip, Center dan Broom (1982) & Manajemen Kampanye Antar Venus (2008). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian jenis deskripif, untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa IDX konsisten memberikan pemahanan secara edukasi dan inspirasi terkait investasi yang saat ini dikemas secara virtual campaign. Seluruh konten yang diunggah menggunakan tagar #YukNabungSaham untuk memudahkan pengelompokan dan ciri khas IDX. Kampanye yang telah dijalankan IDX tercatat memiliki rekor baru terkait pertambahan jumlah investor baru pada tahun 2021 yang sudah tercatat sebanyak 1 juta investor baru. Peserta kampanye sangat antusias menerima konten yang disajikan oleh IDX terbukti bahwa jumlah webinar menyentuh angka ratusan ribu peserta setiap bulannya. Namun, di sisi lain IDX juga harus tetap memberikan petunjuk pada langkah pertama untuk menjadi investor baru karena masih banyak yang belum paham akan hal tersebut. Public Relations IDX akan terus melakukan evaluasi dan melahirkan turunan kampanye melihat kondisi mayarakat. 


Keywords


manajemen kampanye, strategi hubungan masyarakat, virtual campaign

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fernando, Andi. (2021). Geser Asing! Lokal Juara Transaksi Saham, Milenial Bintangnya. Diakses melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20210305083807-17-227999/geser-asing-lokal-juara-transaksi-saham-milenial-bintangnya/2.

Gunawan, S., & Widiastuti, N. (2020). Strategi Kampanye Public Relations “Dirumahaja” oleh Pemerintah Republik Indonesia selama Wabah Covid-19. Jurnal Penelitian Komunikasi Volume 2, Nomor 2 Desember 2020, hal 275-287.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoadmodjo, S. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruslan, R. (2017). Manajemen Public Relations dan Manajemen Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (14th ed). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruliana, Poppy & Ririh Dwiantari. 2015. Strategi PR Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata. Jurnal Aspikom, Vol (2), 4

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suliha. (2002). Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye. Bandung: Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.5529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats