Penggunaan Dompet Digital dalam Transaksi Daring bagi Millennial Moms selama Pandemi Covid-19

Indah Wenerda, Nunik Hariyanti

Abstract


Millennial moms adalah kelompok ibu-ibu yang tumbuh dikelilingi oleh teknologi, internet, dan media sosial. Selama pandemi COVID-19 millennial moms melakukan alternatif dalam memenuhi kebutuhan keluarga secara daring. Pilihan ini dilakukan karena lebih cepat, praktis, dan harga lebih murah. Metode pembayaran pun juga dilakukan non tunai/cashless karena sejalan dengan protokol kesehatan. Fenomena ini digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini untuk mengetahui praktik transaksi daring yang dilakukan oleh millennial moms. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus pada millennial moms di Yogyakarta. Pemilihan pada millennial moms dipilih secara purposive sampling yakni perempuan yang lahir antara akhir 80-an dan 90-an, sudah menikah, memiliki anak, aktif menggunakan internet, dan aktif melakukan transaksi daring selama pandemi COVID-19. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam namun tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukan bahwa millennial moms melakukan pembelian barang secara daring untuk barang-barang tertentu yang tidak ada di swalayan. Metode pembayaran yang digunakan tidak semua millennial moms menggunakan aplikasi dompet digital melainkan ada yang menggunakan metode COD. Kesenjangan digital menjadi penyebab pada praktik ini yakni poin kecakapan digital/digital skills yang harus dimiliki pengguna agar transaksi daring terjadi. Dengan demikian seluruh pengguna dompet digital khususnya millennial moms dapat mengasah kecakapan digitalnya agar praktik transaksi daring dapat dilakukan dengan baik, bijak, dan aman.


Keywords


dompet digital, literasi digital, millennial moms, pandemi COVID-19, transaksi daring.

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT RajaGrafindo Persada.

Aisyiyah, N., Hartoyo, H., & Krisnatuti, D. (2019). Analisis Perilaku Komplain Konsumen Online Shopping. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 12(3), 248–259. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.3.248

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Arnold, K. (2018). Digital Constructions of Millennial Womanhood. 4–13.

Asianparent, T. (2018). Things everyone should know aboutthe 2018 Indonesian Digital Mums. http://green-indonesia.org/pluginfile.php/24650/mod_resource/content/1/star-Indonesian_Digital_Mum_Survey_2018-Presentation_deck.pdf

Badri, M. (2020). Adopsi Inovasi Aplikasi Dompet Digital di Kota Pekanbaru. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8, 120–127.

Bhatti, Anam; Basit, Hafiz Muhammad; Khan, Ahmed Usman; Naqvi, Syeda Mahwish Raza; Bilal, M. (2020). E-commerce trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13, 1449–1452.

Bone, I. (2020). MODEL KONSUMSI PEDULI MASLAHAH IBU-IBU MILENIAL. Iltizam Journal Of Shariah Economic Research, 4(1), 136–154.

BPS. (2020). Sosial dan Kependudukan. https://www.bps.go.id/subject/6/tenaga-kerja.html#subjekViewTab1

Delpiero, Maichle; Reynaldi, F., & Azzahra; Ningdiah, Istiawati Utami; Muthmainnah, N. (2021). Analisis Yuridis Kebijakan Privasi dan Pertanggungjawaban Online Marketplace dalam Pelindungan Data Pribadi Pengguna Pada Kasus Kebocoran Data. Padjajaran Law Review, 9.

Devita, V. (2020). E-Wallet Lokal Masih Mendominasi Q2 2019-2020. Iprice. https://iprice.co.id/trend/insights/top-e-wallet-di-indonesia-2020/

Duggan, M. (2015). Parents and Social Media: Mothers are especially likely to give and receive support on social media. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Emily, C. (2017). Indonesian Digital Mums Survey 2017. 2016, 1–4.

Fauziah, F. (2018). Use of Online Shop in Instagram in Women’S Consumptive Behavior in Jakarta. Majalah Ilmiah Bijak, 15(2), 115–126. https://doi.org/10.31334/bijak.v15i2.200

Fauziah, R. (2021). IBU MILENIAL DAN SHARENTING LIFESTYLE DI IBU KOTA. Jurnal Psikologi Konseling, 18(1), 888–897. https://doi.org/10.19674/j.cnki.issn1000-6923.2020.0578

Getcraft. (2020). Marketing To Millennial Moms: A Guide For Content Marketers. https://marketingcraft.getcraft.com/en-articles/marketing-to-millennial-moms-a-guide-for-content-marketers

Graham, M. W., Avery, E. J., & Park, S. (2015). The role of social media in local government crisis communications. Public Relations Review, 41(3), 386–394. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.02.001

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.

Indonesia, C. (2020). Tren dan Peluang Industri E-Commerce di Indonesia 2020. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200205204206-206-472064/tren-dan-peluang-industri-e-commerce-di-indonesia-2020

Jati, W. D. P. (2021). Literasi Digital Ibu Generasi Milenial terhadap Isu Kesehatan Anak dan Keluarga. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 1–23. https://doi.org/10.24815/jkg.v10i1.20091

Kantar. (2020). A guide to tap into new generation moms. August.

Kargo. (2020). Kelebihan Jasa Pengiriman Yang Bisa Bayar Di Tempat (COD) - Kargo. https://kargo.tech/blog/kelebihan-jasa-pengiriman-yang-bisa-bayar-di-tempat-cod/

Kartini, K. (2011). Patologi Sosiak. Rajawali Press.

Kumala, Irna; Mutia, I. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI DOMPET DIGITAL TERHADAP TRANSAKSI RETAIL MAHASISWA. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2020.

Kuo, L. (2014). Four reasons why Indonesia is the world’s most perplexing e-commerce frontier. https://qz.com/194656/four-reasons-why-indonesia-is-the-worlds-most-perplexing-e-commerce-frontier

Kurnia, N., Sadasri, L. M., Ayu, D., Angendari, D., Yuwono, A. I., Monggilo, Z. M. Z., Adiputra, W. M., Pustaka, T. R., Rizqiana, D. S., Aliftya, A., Yogaswari, C., Indasah, K., Lapangan, T., Aditya, R., Juniarto, A. F., Har, Y., Widayuni, N., Yusuf, S., Sari, R. R., … Undang-undang, H. C. D. (2020). Yuk, Sahabat Perempuan Bertransaksi Daring Dengan Cermat.

Mawardhani, Fitri; Dwijayanti, R. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL SHOPEEPAY PADA APLIKASI SHOPEE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9.

McDaniel, B. T., Coyne, S. M., & Holmes, E. K. (2012). New mothers and media use: Associations between blogging, social networking, and maternal well-being. Maternal and Child Health Journal, 16(7), 1509–1517. https://doi.org/10.1007/s10995-011-0918-2

Prakosa, A., & Sumantika, A. (2020). ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA PENGGUNA DOMPET DIGITAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen, 10(2), 137. https://doi.org/10.26460/jm.v10i2.1702

Pratyaharani, H. P., Suroso, A. I., & Ratono, J. (2022). Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Bayi Bagi Ibu Milenial. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 846–855. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.846

Saputri, Anggraeni Dias; Pratama, A. R. (2021). PERBANDINGAN SIKAP DAN PENERIMAAN PENGGUNA LAYANAN DOMPET DIGITAL DI INDONESIA. Jurnal KomtekInfo, 8.

Sazali, H., & Rozi, F. (2020). Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital pada Masyarakat Milenial. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 85–95. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.3556

Serfiyani, Cita Yutisia; Hariyani, Iswi; Purnomo, S. D. (2013). Buku Pintar Bisnis Online Dan Transaksi Elektronik : Plus Tips Bijak Mendirikan Bisnis Online, Mengembangkan Bisnis Online, Belanja Online, Transaksi Online, Dan Menghindari Penipuan Online. Gramedia Pustaka Utama.

Setiawan, R. (2021). Digital Mums Survey 2021: Para Ibu Habiskan 5 Jam Sehari di Dunia Maya. https://id.theasianparent.com/orang-dengan-gangguan-jiwa-melahirkan

Setyastuti, Y., Suminar, J. R., Hadisiwi, P., & Zubair, F. (2019). Millennial moms: Social media as the preferred source of information about parenting in Indonesia. Library Philosophy and Practice, 2019(July).

Siregar, A. (2020). PENGARUH TRANSAKSI ONLINE SHOPPING, KEPERCAYAAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE. 1(2).

Situmorang, M. K. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai Alat Pembayaran Pada Masa Pandemi Covid – 19 di Kota Medan. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4.

Sopiah, E. M. S. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. CV. Andi Offset.

Steadfast. (2019). Millennial Moms: Who They Are & What They Care About - Steadfast Creative. https://steadfastcreative.com/millennial-moms/

Sulistyowati, Rini; Paais, Loria Sara; Rina, R. (2020). 10.24269/iso.v4i1.323.g307. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntasi, 4, 17–34.

Syifa Pramudita Faddila, Uus Mohammad Darul Fadli, & Robby Fauji. (2022). ANALISIS KARAKTERISTIK PENGGUNA SHOPEEPAY SEBAGAI DOMPET DIGITAL PADA GENERASI Z. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i2.2279

The Asianparent Indonesia. (2019). Digital Mums Survey 2019 - Inilah tren perilaku digital para ibu Indonesia | theAsianparent Indonesia. https://id.theasianparent.com/digital-mums-survey-2019

Van Dijk, J. A. G. M. (2012). The evolution of the digital divide: The digital divide turns to inequality of skills and usage. Digital Enlightenment Yearbook 2012, 57–75. https://doi.org/10.3233/978-1-61499-057-4-57

Wenerda, I. (2019a). Grup WhatsApp Sebagai Wadah Komunikasi Ibu-Ibu di Era Digital. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 23(1), 43–53. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v23i1.105

Wenerda, I. (2019b). Literasi Digital bagi Millenial Moms. Samudera Biru.

Wiryawan, I. W. G. (2021). Urgensi Perlindungan Kurir D alam Transaksi E - C ommerce D engan Sistem COD ( Cash On Delivery. Jurnal Analisis Hukum, 4.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v21i3.5572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats