POLA KERJA JURNALIS INFOTAINMENT (STUDI KUALITATIF PADA PT. BINTANG ADVIS MULTIMEDIA, CREATIVE INDIGO PRODUCTION, DAN PT. SHANDIKA WIDYA CINEMA – JAKARTA)

Sri Pangestuti, Atika Tyas Utami

Abstract


The growth of journalism, now days, has been following market demand. The global condition, such as capitalism and social politic situation have contributed significant impact to television programs. This research is entitled “The Pattern of Work Infotainment Journalist (Descriptive Study at PT. Bintang Advis Multy Media, Creative Indigo Production, and PT. Shandihika Widya Cin- ema) at Jakarta-Indonesia. It aims at revealling the thruth of assumsion among television audi- ence, as well as, to understand the work modelis accured in the infotainment program. Result of the research are : there is deviation of paradigm on the infotainment program, such as, a program which is inserted with amusement has become a program “gossip” / intriguye in fact, it said by the “ Persatuan Wartawan Indonesia” that program is part of journalism. The pattern of work at infotainment of work is linier think.


Keywords


infotainment journalist, pattern of work infotainment journalist

References


Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Henshall, Peter & David Ingram, 2000, Menjadi Jurnalis. Yogyakarta : Institut Studi Arus Informasi.

Irawan, Soehartono, 2000, Metode Penelitian

Sosial. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988,

Jakarta : Balai Pustaka. Kusumaningrat, Hikmat & Purnama

Kusumaningrat, 2005, Jurnalistik Teori Dan Praktik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kuswandi, Wawan, 1996, Komunikasi Massa: Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Margantoro, YB., 2001, Biar Berita Bicara. Yogyakarta : Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Mcquail, Denis, 1994, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Miles, Mattew dan Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press.

Moleong, Lexy J., 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muda, Deddy Iskandar, 2003, Jurnalistik Televisi : Menjadi Reporter Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mufid, Muhamad, 2005, Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta : Prenada Media.

Muhtadi, Asep Saeful, 1999, Jurnalistik Pendekatan Teori Dan Praktik. Jakarta : LogosWacanaIlmu.

Rakhmat, Jalaludin, 2004, Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Shoemaker, Pamela J. dan Stephen D. Reese., 1996, Mediating The Message: Theories of influences on Mass Media Content, Second Edition. New York: Longman.

Siregar, Ashadi, 2001, Menyingkap Media Penyiaran : Membaca Televisi Melihat Radio. Yogyakarta : LP3Y.

Sobur, Alex, 2004, Analisis Teks Media. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suroso, 2001, Menuju Pers Demokratis: Kritik atas Profesionalisme Wartawan. Yogyakarta: Lembaga Studi dan Inovasi Pendidikan.

Syahputera, Iswandi, 2006, Jurnalistik Infotainment : Kancah Baru Jurnalistik Dalam Industri Televisi. Yogyakarta : Pilar Media.

Wahyudi, JB., 1996, Dasar-Dasar Jurnalistik Radio Dan Televisi. Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti.

Wirodono, Sunardian, 2005, Matikan TV-Mu : Teror Media Televisi di Indonesia. Yogyakarta : Resist Book.

Sumber Lain :

Anonim, Infotainment, http://en.wikipedia.org/ wiki/infotainment. Diakses 4 Januari 2007. ————, 2006, Production House Infotainment. www.sinarharapan.co.id/ berita/0504/15/hib02.html. Diakses 26

Januari 2007.————, 2006, Shandika Widya Sinema Production House.www.pintunet.com/lihat_opini.php?pg=2006/09/010901092006/45044&ref+daftar_opini. php?upid+4403). Diakses 26 Januari 2007.

————, 2006, Kebebasan Pers, Infotainment, dan Fatwa NU. www.parasindoesia.com/read.php?gi =422. Diakses 26 Januari 2007.

————, Acara Televisi Sepekan. Tabloid Bintang Indonesia edisi 822 minggu ke empat Januari 2007.

————, 2006, Ekonomi Politik Regulasi Media. http://ekawenats.blogspot.com/ 2006/03/ekonomi-politik-regulasi- media.html. Diakses 4 Januari 2007.

————, 2007, Programs Station Genre Rating Share. Media Indonesia.

Juliastuti, Nuraini, 2002, Media Selebritis Di Indonesia. http://kunci.or.id/esai/nws/11/ seleb_meida.html. Diakses 4 Januari 2007.

Junaedi, Fajar, 2004, Etika Jurnalisme Mengekspos Wilayah Privat Dalam Infotainment.http//www.sctv.co.id/com- munity/archieve/index.php/t-1280 html. Diakses 15 November 2006.

Desiningsih, 2005, Skripsi : Infotainment dalam Kacamata Pemirsa (Studi Uses and Gratification mengenai Kesenjangan Kepuasan Yang Diharapkan Dan Kepuasan Yang Diperoleh Tentang Tayangan Infotainment Kabar-Kabari di RCTI di Kalangan Ibu Rumah Tangga di Perumahan Taman Gading Kabupaten Cilacap).

Susanto, M. Ridlo, 2006, Skripsi : Wartawan dalam Pembentukan Wacana Media (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Subjektivitas Wartawan Radar Banyumas dalam Proses Penulisan Berita).




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v6i3.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats