GEOLOGI DAN KARAKTERISTIK BATUAN BEKU ULTRAMAFIK SEBAGAI BAHAN BAKU KONSTRUKSI DI DAERAH LEMBAH SUNYI KELURAHAN ANGKASAPURA, KOTA JAYAPURA PROVINSI PAPUA

Marinus Rino Kambu

Abstract


Pemetaan geologi dilaksanakan di daerah Lembah Sunyi, Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Daerah penelitian memiliki satuan batuan ultramafik yang terdiri dari batuan peridotit dan batuan serpentinit hasil dari serpentinisasi batuan peridotit dengan struktur columnar joint yang memiliki penyebaran cukup luas, sehingga diharapkan dengan memanfaatkan struktur columnar joint yang ada maka pemanfaatan satuan batuan peridotit pada daerah Lembah Sunyi akan lebih efektif, potensial, dan lebih bernilai.
Penelitian dilakukan dengan pemetaan geologi serta melakukan analisis keteknikan contoh batuan dan analisis petrografi pada sampel batuan peridotit dan serpentinit pada daerah Lembah Sunyi.
Geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 2 satuan, yaitu satuan perbukitan tersayat sangat tajam struktural dan satuan perbukitan tersayat tajam struktural. Pola penyaluran yang bekerja adalah pola penyaluran sub denritik. Stratigrafi daerah penelitian dari tua ke muda dibagi menjadi 2 satuan, yaitu satuan batuan ultramafik dan satuan batugamping.
Hasil analisa keteknikan pada sampel batuan peridotit dan serpentinit yaitu kuat tekan rata-rata sebesar 2446,898 kg/cm2 dan 68,036, berat jenis rata-rata sebesar 2,8754 gr/cm3 dan 2,2442 gr/cm3 , serapan air rata-rata sebesar 0.0543 % dan 5,8113 % serta ketahanan aus rata-rata yaitu 0.0351 mm/menit dan 0,2436mm/menit.
Dari hasil analisis maka peridotit daerah penelitian baik untuk dimanfaatkan sebagai batu dimensi (penutup lantai atau trotoir dan batu hias atau batu tempel) serta baik digunakan sebagai bahan bangunan konstruksi ringan, sedang dan berat.. Cara penambangan yang baik digunakan pada daerah penelitian yaitu dengan menggunakan “side hill system”.



DOI: https://doi.org/10.31315/jmtg.v7i1.265

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31315/jmtg.v7i1.265.g227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.