Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for OPSI?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

 

Author Guideline   
Template Jurnal:  
 Supplementary files:
   
  


1. Lingkup Jurnal
Jurnal OPSI adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai wahana komunikasi hasil karya ilmiah/ penelitian rekayasa/ teknologi di bidang Teknik Industri, Sistem Industri, Manajemen Industri dan Teknologi Informasi.

2.Bahasa
Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baku.

3. Susunan Naskah
Susunan naskah memuat Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (jika ada), dan daftar pustaka.

Judul singkat dan jelas menunjukkan isinya, Judul ditulis bold dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Dibawah Judul ditampilkan nama penulis (tanpa gelar kesarjanaan) dan instansi bekerja.

Abstrak  ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, ditulis Italic, memuat inti permasalahan, metodologi, dan hasil. Ditulis minimal 150 kata dan maksimal 200 kata dilengkapi kata kunci (keywords) antara 3 – 5 kata yang dituliskan dibawahnya.

Pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan.

Metode berisi obyek, cara pengambilan sampel dan metodologi pengolahan data. 

Pembahasan menguraikan hasil analisis kualitatif dan atau kuantitatif dengan penekanan pada jawaban atas permasalahan.

Kesimpulan berisi pernyataan singkat tentang hasil yang disarikan dari pembahasan. Saran dapat dituliskan pada bagian paling akhir.

Ucapan Terima Kasih berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang telah berjasa dan mendukung penelitian.

Daftar Pustaka disusun berdasarkan APA style.

4.Teknik Penulisan
Penulisan disesuaikan dengan template yang ada

Gambar/ Foto merupakan gambar digital yang menyatu dalam teks, tidak dibenarkan menggunakan tempelan gambar dalam teks
Penomoran tabel (diatas tabel), gambar (dibawah gambar) dengan nomor urut, persamaan dituliskan dengan angka arab pada tepi kanan diantara tanda kurung.

5.Pengiriman Naskah
Naskah dikirim melalui OJS

6.Biodata Penulis/metadata
Biodata penulis mencakup : nama lengkap, tempat tanggal lahir, tahun lulus dan bidang ilmu untuk S1, S2, dan S3 (jika ada), jabatan akademik, spesialisasi dan minat keilmuan serta hal-hal lain yang dianggap perlu dicantumkan.

Setiap penulis wajib dituliskan pada metadata

7. Hak Redaksi
Redaksi berhak menolak naskah yang tidak memenuhi kriteria, mengadakan perubahan susunan naskah, memperbaiki bahasa dan berkonsultasi dengan penulis sebelum diterbitkan.

NB : Disediakan template penulisan Jurnal OPSI yang dapat diunduh di sini

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Pastikan makalah yang dikirmkan dalam bentuk word (*.doc)
  2. Pastikan makalah yang dikirim sesuai dengan template terbaru
  3. Pastikan sudahkah membuat 2 dokumen Supplementary files (Pernyataan bebas dari plagiasi dan Pernyataan pengalihan hak publikasi) - di submit pada saat poin ke-empat (supplementary files)
 

Copyright Notice

Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut :

  1. Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada jurnal Opsi sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasinya.
  2. Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Opsi
  3. Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access)
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Privacy Statement

 Nama dan alamat email pada Jurnal OPSI akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan yang telah ditentukan pada jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau oleh orang lain

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

: 0.00 (IDR)

: 0.00 (IDR)

: 0.00 (IDR)