Tata Kelola Metadata Arsip Audio untuk Pengambilan Keputusan Pemanfaatan Teknologi Informasi menggunakan Aplikasi Sederhana Perkantoran pada Museum Musik Indonesia

Diva Anastasya, Narocha Mihasu, Safira Cornellya, Farika Nikmah

Abstract


Metadata menyediakan konteks yang diperlukan untuk memahami dan mengatur sistem, data, dan pengelolaan konten. Dengan demikian metadata dalam kearsipan memiliki peran yang cukup penting, dengan adanya metadata arsip akan memudahkan pengelolaan arsip, baik arsip statis atau arsip dinamis. Pada Museum Musik Indonesia di Kota Malang, ada berbagai koleksi arsip audio dari seluruh Indonesia yang merupakan arsip statis yang perlu dijaga keautentikan dan fisiknya karena merupakan warisan budaya Indonesia. Koleksi arsip tersebut terbagi dalam beragam bentuk, yakni  dalam bentuk kaset pita, CD, dan piringan hitam. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kebutuhan manajemen metadata dalam lingkup pengelolaan arsip elektronik. Manajemen Metadata disusun melalui pencatatan koleksi arsip audio pada kaset pita untuk kategori lagu pop yang berada di  Museum Musik Indonesia. Pendekatan pengembangan manajemen metadata menggunakan aplikasi sederhana perkantoran dengan media Microsoft Access, sehingga metadata arsip audio yang berada di  Museum Musik Indonesia dapat tersusun secara digital. Hal ini tentunya, dapat memudahkan kegiatan temu kembali arsip audio dan pemeliharaannya.


Keywords


Arsip statis, arsip audio, metadata, Microsoft Acess, Museum Musik Indonesia

References


Barthos, B. (2015). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Bumi Aksara.

Evitasari, O., Qodariah, L., & Gunawan, R. (2020). Pemanfaatan Fungsi Museum sebagai Sumber Belajar Sejarah dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Estoria, 43-57.

Fadhli, M. (2021). Manajemen Arsip Statis sebagai Upaya Pelestarian Informasi Lembaga Pemerintahan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 194-104.

Finnahar, A. M. (2022). Analisis Prosedur Pelaksanaan Alih Media Arsip di Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Padang . JIPKA, 101-111.

Harahap, F., Kurniawan, H., & Aliyah, S. (2021). Pengenalan Basis Data Microsoft Access bagi Siswa SMK Swabina Karya. Publidimas, 7-13.

Indrayani, N. (2021). Arsip Museum Gentala Arasy dari Analog ke Digital. Jurnal Sejarah & Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jambi, 33-44.

Isabella, S., Satru, W., & Haq, M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Data Penjualan Sembako Berbasis Desktop untuk UD. Kerta Mandala Sumbawa Besar. JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), 294-300.

Puspita, D. S. (2012). Museum Benteng Vredeburg sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA. Salatiga: UKSW.

Putra, W. I., & Nelisa, M. (2020). Pengelolaan Arsip Elektronik di Unit Kearsipan PT Semen Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 39-48.

Rahmat, C. (2014). Analisis Rancang Bangun Sistem Repositori Institusi Berbasis Metadata Dublin Core di UKDW Yogyakarta. Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 65-74.

Ramadhani, U., & Desriyeni. (2019). Pengelolaan Arsip Sttais di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 437-447.

Rustam, M. (2019). Pengantar Pengelolaan Arsip Elektronik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Setyosari, H. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Utomo, M. S. (2012). Generator Metadata pada Halaman Situs. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 75-81.

Yanto, A., & Safriandono, A. (2013). Konversi Database Access ke MySQL Data Kepegawaian pada Instansi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jepara. Teknik-Unisfat, 77-90.

Yudhanto, S., & Mayesti, N. (2021). Deskripsi Metadata dalam Manajemen Data Penelitian pada Sistem Repositori Ilmiah Nasional. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 35-45.




DOI: https://doi.org/10.31315/paradigma.v27i2.10187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diva Anastasya, Narocha Mihasu, Safira Cornellya, Farika Nikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


  

Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan

Published by Faculty of Social Science and Political Science

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

(Kampus Unit II) Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Depok, Yogyakarta 55281

Phone: +62 274 486733. Email: paradigma@upnyk.ac.id

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.