Analisis Efektivitas Iklan Berdasarkan Konsep AIDCA (Studi pada Iklan SMS Produk Telkomsel)

Dewi Swarsono, Sauptika Kancana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas iklan produk Telkomsel melalui media Short Message service (SMS) pada mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta angkatan 2013-2014. Iklan produk Telkomsel memiliki tujuan yaitu mempengaruhi konsumen untuk menggunakan Produk Telkomsel yang diiklankan melalui SMS. Penelitian menggunakan tipe deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta yang menggunakan provider Telkomsel. Ukuran sampel pada penelitian ini 62 responden berdasarkan rumus Slovin. Penelitian menggunakan nonprobability sampling dengan metode penarikan sampel yang digunakan adalah sampling aksidental. Teknik analisis menggunakan konsep Attention, Interest, Desire, Conviction dan Action (AIDCA) dan melalui tiga tahap analisis yaitu tabulasi sederhana, skor rata-rata, dan Customer Response Index (CRI). Hasil penelitian dengan tabulasi sederhana dan skor rata-rata untuk dan perhitungan CRI untuk variabel AIDCA yaitu “Tidak Efektif” menunjukan bahwa iklan Telkomsel tidak berhasil membuat konsumen menggunakan produk yang diiklankan melalui SMS dengan hasil action 43% dan not action 57%.

Keywords


Efektivitas, Iklan SMS, AIDCA, CRI.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/paradigma.v21i1.2761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.