SISTEM PAKAR DIAGNOSA AWAL KANKER SERVIKS DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR

Fitrah Rumaisa, Iwan Rijayana, Tanti Nurafianti

Abstract


Sistem pakar (expert system) secara umum adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Atau dengan kata lain sistem pakar adalah sistem yang didesain dan diimplementasikan dengan bantuan bahasa pemrograman tertentu untuk dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli. Diharapkan dengan sistem ini, orang awam dapat menyelesaikan masalah tertentu baik ‘sedikit’ rumit ataupun rumit sekalipun ‘tanpa’ bantuan para ahli dalam bidang tersebut. Sedangkan bagi para ahli, sistem ini dapat digunakan sebagai asisten yang berpengalaman. Aplikasi yang dikembangkan ini bertujuan untuk menentukan jenis gangguan pada wanita mulai umur 17 tahun dengan hanya memperhatikan gejalagejala yang dialami. Dengan menggunakan metode Certanty Factor (CF), didapatkan nilai Kemungkinan gangguan yang dialami pasien.


References


Majalah Kartika edisi 78 bulan Februari 2010

http://www.totalkesehatananda.com/uterine1.html Tanggal akses 30 November 2009

http://kaylazka.wordpress.com/2008/10/17/kanker-serviks-deteksi-dini-dan-pencegahan/ dr. Afra F. Tangdialla, dr. Ervina Ningsih, dr. Riyana Kadarsari, dr. Sofani Munzila, dr. Wulandari Eka, Kanker Serviks, Deteksi Dini dan Pencegahan, 30 November 2009.

http://computerforhumanity.blogspot.com/2008/05/metode-kuantifikasi-pertanyaan-untuk.html Kusrini Iskandar, Metode Kuantifikasi untuk Mendapatkan Nilai Certainty Factors Pengguna, 30 November 2009.

http://www.caripdf.com/get.php?search=Certainty+Factor&submit=Cari 30 November 2009.

http://www.greenlite.co.id/index.php?option=com=content&view=article&id=273:tentang-kankerserviks& catid=45:product-a-health-article&Itemid=171

Danille Bale & Jane Charette, Rencana Asuhan Perawatan Onkologi, 2000

Shirley E. Otto, Buku Saku Keperawatan, 2005

Arhami Muhammad, Konsep Dasar Sistem Pakar, Yogyakarta, 2005

Sri Hartati, Makalah Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Media Konsultasi Penyakit Kelamin Pria dengan Penanganan Ketidakpastian Menggunakan Certainty Factors, Yogyakarta, 2006

Turban, E. Decision Support and Expert System; Management Support System. Newyork: Prentice Hall, 1995


Refbacks

  • There are currently no refbacks.