ANALISA PENERAPAN TOGAF DAN COBIT DALAM TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI USULAN PADA KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

Ade Supriatna

Abstract


Perencanaan penerapan Teknologi Informasi (Information Technology/IT) pada tataran tingkat Pemerintahan Pusat perlu penataan yang akurat. Saat ini kehadiran teknologi informasi perlu dipertimbangkan untuk menjadi bagian strategis dalam lingkup Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dukungan teknologi ini penting demi keberlangsungan pengelolaan yang maksimal dari seluruh sumber energi dan mineral yang dibebankan pada kementerian ESDM. Oleh karena itu Tatakelola Teknologi Informasi (IT Governance) yang menyeluruh mulai dari tahapan perancangan hingga kontrol adalah suatu kajian yang sangat dibutuhkan. Pengelolaan energi dan sumber daya mineral, khususnya Minyak Bumi dan Gas Alam (MIGAS) apabila dilakukan oleh pelaksana pihak swasta seyogyanya dilakukan melalui mekanisme yang transparan dan amanah. Karena pengelolaan sumber-sumber alam tersebut sudah seharusnya memperkecil dampak negatif terhadap lingkungan. Mekanisme pemilihan peserta tender dapat dilakukan dengan melibatkan teknologi informasi, sehingga dapat meminimalisir kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi. Penelitian ini merupakan usulan dalam tatakelola teknologi informasi untuk Kementrian ESDM sebagai landasan dalam penyelenggaraan tender berbasis elektronik yang transparan. Pendekatan model Tatakelola IT menggunakan Framework TOGAF dan COBIT. Cakupan pembahasan TOGAF meliputi, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi, arsitektur bisnis. COBIT memiliki domain utama yakni perencanaan & organisasi, akuisisi & implementasi, dukungan & layanan IT, serta Kontrol.


References


COBIT 4.1, 2007, “Control Objective for Information and Related Technology”, Information Systems Audit and Control Foundation (ISAF) and IT Governance Institute.

Steven H. Spewak, John Wiley & Sons, Inc.,1992, “Enterprise Architecture Planning, Developing a Blueprint for Data, Applications and Technology”, New York.

The Open Group, 2007, “The Open Group Architecture Framework (TOGAF), Version 8.1.1, 2007, Enterprise Edition.

The Open Group, 2003, “TOGAF (The Open Group Architecture Framework), Version 8.1“, Enterprise Edition.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.