DIAGNOSA GANGGUAN SALURAN PERNAFASAN MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION

Bambang Yuwono, Heru Cahya Rustamaji, Usamah Dani

Abstract


Aplikasi jaringan syaraf tiruan telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, beberapa aplikasinya antara lain dibidang perbankan, telekomunikasi dan kesehatan. Penelitian ini membuat sebuah aplikasi jaringan syaraf tiruan untuk mendiagnosa jenis penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan khususnya pada penyakit Asma, Bronkhitis, Pneumotoraks, Sarkoidosis dan Pneumonia. Metode jaringan syaraf tiruan yang digunakan adalah metode Backpropagation yang merupakan sebuah pembelajaran terawasi. Perangkat lunak ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net 2005 dengan database MySQL. Gejala-gejala penyakit saluran pernafasan yang digunakan sebagai input untuk mendiagnosa penyakit tersebut terdiri dari 10 variabel dengan kode target penyakit 000 untuk penyakit Asma, 001 Bronkhitis, 010 Pneumonia, 011 Pneumotoraks dan 111 Sarkoidosis. Arsitektur jaringan syaraf tiruan dengan 10 variabel menggunakan 1 lapisan tersembunyi dengan 10 buah sel lapisan. Setelah dilakukan proses pelatihan didapatkan hasil pengujian dengan tingkat ketepatan 90% karena hampir semua data yang diujikan sesuai dengan target dari penyakit.


References


Fausett, L., 1994, Fundamentals Of Neural Networks Architectures, Algorithms, and Applications, Prentice-Hall New Jersey.

Hartono, J., 1999, Pengenalan Komputer, Andi Offset, Yogyakarta.

Haykin, S., 1994, Neural Networks (A Comprehensive Foundation), Macmillan Collage Publishing Company New York.

Hermawan, A., 2006, Jaringan Saraf Tiruan (Teori dan Aplikasi), Andi Offset, Yogyakarta.

Kristanto, A., 2004, Jaringan Syaraf Tiruan (Konsep Dasar, Algoritma dan Aplikasi), Graha Media Yogyakarta

Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Penyakit pernafasan, http://www.medicastore.com

Pressman, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak, Andi Offset, Yogyakarta.

Siang, JJ., 2004, Jaringan Syaraf Tiruan Dan Pemrogramannya Menggunakan Matlab, Andi Offset, Yogyakarta.

Dani Usamah, 2008, Diagnosa Gangguan Saluran Pernafasan Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Metode Backpropagation, Skripsi, Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.