MODIFIKASI METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR UNTUK OPTIMALISASI HASIL ACAK

I Made Divya Biantara, I Made Sudana, Alfa Faridh Suni Suryono, Arimaz Hangga

Abstract


Pelaksanaan ujian secara konvensional dianggap kurang efektif dan efisien karena membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama dalam pelaksanaannya sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan mengubah sistem ujian menjadi komputerisasi. Dalam setiap pelaksanaan ujian perlu memperhatikan tindak kecurangan yang dilakukan siswa berupa mencontek dan kerja sama bertukar jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan soal acak yang berbeda kepada setiap siswa dengan menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG). Akan tetapi penggunaan metode LCG masih memiliki kelemahan dimana hasil pengacakan mudah ditebak sehingga perlu adanya optimalisasi pengacakan yaitu menggunakan dua LCG dan bantuan matrik yang menjadi metode Coupled Linear Congruential Generator (CLCG). Metode modifikasi CLCG menghasilkan pengacakan yang lebih baik dan pola yang lebih rumit dibandingkan dengan metode LCG.

References


Ichsan M. 2014. Menutup Celah Ujian Online. http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/419-artikel-teknologi-informasi/20318-menutup-celah-ujian-online, diakses 25 Juli 2015.

Katti, R. S., Kavasseri. R. G. 2008. Secure Pseudo-random Bit Sequence Generation using Coupled Linear Congruential Generator. International Symposium Circuits and Systems (ISCAS 2008). May 18-21. IEEE: 2929-2932.

Knuth, D. E. 1981. The Art of Computer Programming. 2nd Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc. Canada.

Munthe, D. 2014. Implementasi Linier Congruent Method (LCM) Pada Aplikasi Tryout SNMPTN. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma 7(2): 111-115.

Nasution, S. D. 2013. Penerapan Metode Linier Kongruendan Algoritma Vigenere Chiper Pada Aplikasi Sistem Ujian Berbasis LAN. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma 4(1): 94-102.

Stroud, K. A. 1996. The program and the questions Mathematics To techniques (Ed. 4). Standard-Erwin Sucipto. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.