IMPLEMENTASI APLIKASI ANDROID-BASED UNTUK PENANGGULANGAN WELL KICK PADA PEMBORAN MINYAK DAN GAS BUMI

Frans Richard Kodong, Herry Sofyan, Hari Prapcoyo

Abstract


Abstract
Well kick is one of the knowledge that workers in oil and gas drilling and geothermal drilling operations should know to prevent blow out. Kick is a condition where the formation fluid has entered the well hole, where the fluid will push the contents of the hole to the surface which is called blow out. Well kick control in drilling operations is very important, because uncontrolled bursts will cause many major problems for the company. In well kick countermeasures a lot of data has to be recorded and computed to analyze the kicks taken and based on this calculation it is usually possible to decide on the proper method of dealing with the kick so that there is no explosion. Many calculations are done manually, which take a long time and the calculations may not be accurate or precise. In addition, the applications or software used in the field to calculate Well Kick countermeasures are very expensive. To help Driller perform these calculations, this research will develop an Android-based Well Kick countermeasure application that is economical and flexible so that it is easy to carry when handling Well Kick which occurs in the field based on an Android Smartphone.
Keywords: Kick, Smartphone, Android, Prevention


Well kick merupakan salah satu ilmu yang harus diketahui oleh para pekerja di operasi pengeboran minyak dan gas serta pengeboran panas bumi untuk mencegah terjadinya blow out. Kick adalah suatu kondisi dimana fluida formasi telah masuk ke dalam lubang sumur, dimana fluida tersebut akan mendorong isi lubang ke permukaan yang disebut dengan blow out. Pengendalian well kick dalam operasi pemboran sangat penting, karena semburan yang tidak terkendali akan menimbulkan banyak masalah besar bagi perusahaan, seperti biaya tinggi, korban jiwa, kerusakan lingkungan, dan berkurangnya potensi cadangan terutama di bawah bumi. Dalam penanggulangan tendangan sumur, banyak data harus dicatat dan dihitung untuk menganalisis tendangan yang terjadi dan berdasarkan perhitungan ini biasanya mungkin untuk memutuskan metode yang tepat untuk menangani tendangan sehingga tidak terjadi ledakan. Banyak kalkulasi yang dilakukan secara manual, yang memakan waktu lama dan kalkulasi yang dilakukan belum tentu akurat atau tepat. Selain itu, aplikasi atau software yang digunakan di lapangan dalam menghitung tindakan penanggulangan Well Kick sangatlah mahal. Untuk membantu Driller melakukan perhitungan tersebut maka penelitian ini akan mengembangkan aplikasi penanggulangan Well Kick berbasis Android yang ekonomis dan fleksibel sehingga mudah dibawa saat menangani Well Kick yang terjadi di lapangan berbasis Smartphone Android.
Kata Kunci : Kick, Smartphone, Android, Prevention


Keywords


Kick; Smartphone; Android; Prevention

Full Text:

PDF

References


Alibasyah, Irham, 2013, Evaluasi Penanggulangan Kick Dengan Metode Bullhead Pada Sumur X Di Lapangan Y , Jurusan Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Badu, Kaswir, Teknik Pencegahan Semburan Liar Jilid 2, Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Minyak dan Gas Bumi (Pusdiklat Migas), Cepu, 2009.

Fathansyah, 1999, Basis Data, Informatika, Bandung.

Gary B, S., Thomas J, C., & Misty E, V., 2007. Discovering Computers : Fundamentals, 3thed (Terjemahan), Salemba Infotek, Jakarta.

Grace, Robert D., 2003, Blow Out and Well Control Handbook, Gulf Professional Publishing, Paris.

Hermawan, Benny, 2004, Menguasai Java 2 dan Object Oriented Programming, Andi,Yogyakarta.

Hermawan S., Stephanus, 2011, Mudah Membuat Aplikasi Android, Andi Offset, Yogyakarta.

Mudhofir, H. A., 2003, Teknik Pencegahan Semburan Liar Bagian 1, Pusat Pengembangan Tenaga Perminyakan dan Gas Bumi (PPT Migas), Cepu.

Naralia, Sari, R.D., 2013, Aplikasi Untuk Analisa Metode Penanggulangan Well Kick, Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Schmuller, Joseph, 1999, Teach Yourself UML in 24 Hours, Sams Publishing, Indianapolis.

Suhendar, 2002, Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose, Informatika Bandung, Bandung.

Fatimah, W.N., 2011, Pengenalan Eclpise, , Diakses pada tanggal 19Februari 2014.

Kesibubby, 2009, Mengenal SQLite Database, , Diakses pada tanggal 10Januari 2014.

Kismeoneagains, 2013, Tentang Android SDK (Software Development Kit), , Diakses pada 19 Februari 2014.

Romdoni, A., 2010, Pengertian AplikasiMobile,, Diakses pada tanggal 20Februari 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.