Analisa Tata Kelola Sistem Informasi Universitas Advent Indonesia menggunakan Framework COBIT 5 (Domain EDM)

R. Garin Nagel Gunando Pasyha, Elmor Benedict Wagiu

Abstract


Abstract
Information technology is a system that has developed at this time. Starting from the use that helps everyday life, to facilitate all activities for all users. A system of groups and assemblages of several interrelated elements that can form a unified and unified whole. The system itself is well organized and especially now it has been implemented in its implementation. With a system, governance is very important in it. IT governance is the right idea and responsibility in making ideas / decisions that will encourage the use of information technology in a company. This study uses COBIT 5 as the method used for research. COBIT 5 combines the latest innovations in organizational and management techniques, and uses globally accepted principles, practices, analytical tools and models to help increase the trustworthiness and value of information systems. The system within the Adventist University of Indonesia currently has not implemented governance using COBIT 5. The purpose of this study will be to provide the application of COBIT 5 as an IT infrastructure that can help improve, identify the capability value of the system in running the system and help Advent Indonesia University in achieving its vision. and mission. The implementation of COBIT 5 will make the system at the Adventist University of Indonesia more optimal in its use, and can be an innovation for the future.
Keywords: Governance, System, COBIT 5
Abstrak
Teknologi Informasi merupakan sistem yang sudah berkembang saat ini. Mulai dari pemanfaatan yang membantu kehidupan sehari-hari, memudahkan segala aktivitas bagi semua pengguna. Sistem merupakan suatu gugusan dan himpunan dari beberapa unsur yang saling berkaitan yang dapat membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu. Sistem itu sendiri sudah terorganisir dan khususnya saat ini sudah diimplementasikan di dalam institusi. Dengan adanya sistem, maka tata kelola sangat penting didalamnya. Tata kelola TI merupakan gagasan dan tanggung jawab yang benar di dalam membuat suatu ide/keputusan yang akan mendorong penggunaan teknologi informasi pada suatu perusahaan. Penelitian ini menggunakan COBIT 5 sebagai metode yang digunakan untuk penelitian. COBIT 5 menggabungkan inovasi terbaru dalam teknik mengelola perusahaan dan manajemen, dan menggunakan prinsip, praktik, alat analisis, dan model yang dapat diterima secara global untuk membantu meningkatkan kepercayaan dan nilai dari sistem informasi. Sistem di dalam Universitas Advent Indonesia saat ini belum menerapkan tata kelola menggunakan COBIT 5. Tujuan dari penelitian ini akan memberikan hasil berupa penerapan COBIT 5 sebagai infrastruktur TI yang dapat membantu meningkatkan, mengidentifikasi nilai kapabilitas dari sistem di dalam institusi, memajukan sistem dan membantu Universitas Advent Indonesia dalam mencapai visi dan misi. Penerapan COBIT 5 tersebut akan menjadikan sistem di Universitas Advent Indonesia lebih optimal dalam pemakaiannya, dan dapat menjadi inovasi untuk kedepannya.
Kata Kunci: Tata Kelola, Sistem, COBIT 5

 

Keywords


Tata Kelola; Sistem; COBIT 5

Full Text:

PDF

References


J. F. Andry and K. Christianto, Audit Menggunakan COBIT 4.1 dan COBIT 5 Dengan Case Study, Yogyakarta: TEKNOSAIN, 2018.

I. G. L. A. Raditya Putra, B. L. Sinaga and I. Wisnubhadra, "Evaluasi Tata Kelola Sistem Informasi Akademik Berbasis COBIT 5 di Universitas Pendidikan Ganesha," Jurnal Buana Informatika, vol. 6, pp. 1-10, 2015.

A. Mahaseptiviana , A. B. Tjandrarini and P. Sudarmaningtyas, "ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN AIR MINUM PADA CV. AIR PUTIH," Jurnal Sistem Informasi, vol. 3, pp. 1-6, 2014.

J. F. Andry, "PERFORMANCE MEASUREMENT OF IT GOVERNANCE: A CASE STUDY," Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), vol. 12, no. 2, pp. 57-62, 2016.

L. N. Amali, M. R. Katil, S. Suhada and . L. Hadjaratie, "EVALUASI TINGKAT KAPABILITAS PROSES TATA KELOLA TI BERDASARKAN KERANGKA KINERJA COBIT 5 DALAM DOMAIN EVALUATE, DIRECT, MONITORING (EDM)," Seminar Nasional Sistem Informasi 2018, pp. 1089-1096, 2018.

R. C. Sigitta Hariyanto, "ANALISIS DAN PENILAIAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PROSES TATA KELOLA DENGAN COBIT 5 PADA DOMAIN EDM STUDI KASUS UNIVERSITAS PERADABAN," Indonesian Journal of Business Intelligence, vol. 1, no. 1, pp. 25-31, 2018.

I. Salegar and S. Rizal, "Evaluasi Kematangan Tata Kelola Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi menggunakan COBIT 5.0," SEMINAR NASIONAL Dinamika Informatika, pp. 87-90, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.