APLIKASI SMS PENGINGAT IBU HAMIL

Heru Cahya Rustamaji, Wilis Kaswidjanti, Laninda Laninda

Abstract


Short Message Service (SMS) merupakan salah satu layanan teknologi selular yang ada pada teknologi GSM (Global System for Communication). SMS telah menggantikan metode pengiriman teks konvensional, seperti surat dan telegram. Keunggulan SMS diantaranya adalah biaya yang murah, waktu kirim cepat serta adanya jaminan bahwa pesan akan sampai jika nomor yang dituju aktif. Semakin meluasnya jaringan operator baik GSM maupun CDMA membuat sinyal dapat diterima dengan cukup baik sampai ke daerah terpencil.  Aplikasi SMS Pengingat Ibu Hamil diharapkan dapat memberikan informasi penting yang cepat, tepat, akurat dan murah kepada ibu hamil. Layanan ini disampaikan setiap minggunya mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh ibu hamil mulai dari awal kehamilan sampai pada proses kelahiran bayinya dengan tujuan untuk kesehatan dan keselamatan ibu hamil serta janinnya.

Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode penelitian waterfall. Metodologi pengumpulan data dilakukan dengan cara bertanya langung pada dokter dan melalui website. Teknologi pembangunan sistem beserta interfacenya menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan pengolahan basis datanya menggunakan MySQL.

Pengiriman pesan melalui sms gateway dengan cara mengambil data pada database yang akan dikirimkan ke ponsel penerima menggunakan AT command dengan PDU(Protokol Data Unit) untuk selanjutnya diterima oleh server atau SMS Center yang kemudian diteruskan ke ponsel tujuan. Dari SMSC dapat diketahui apakah suatu pesan berhasil atau gagal dikirimkan. SMSC mengirimkan pesan ke nomor ponsel tujuan yang aktif sekaligus akan mengirimkan pesan balasan ke nomor ponsel pengirim bahwa pesan telah terkirim.

References


Fathansyah, 2000, Basis Data, Penerbit Informatika Bandung, Bandung

Ferouzan, Behrouz, Coombs, C., dan Fegan S.C, 1998, Introduction to Data Communication and Networking, McGraw-Hill Book Co, Singapura.

Gunawan, Ferry, 2003, Membuat Aplikasi SMS Gateway Server dan Client dengan Java dan PHP, P.T Elex Media komputindo, Jakarta

Gupta, Punnet, 2005, Short Message Service: What, How and Where?, , (accessed 30 Okt 2007)

Jogiyanto, H.M., 1999, Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori, Praktek dan Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.

Kristanto, A, 2004, Rekayasa Perangkat Lunak, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

LPKBM Madcoms, 2004, Microsoft Visual Basic 6.0, Penerbit Andi, Yogyakarta

Mehrota, Asha, 1997, GSM System Enginering, Artech House.Inc, Boston London

Mittendorf R, 1990, Kehamilan , (accessed 30 Okt 2007)

Mulyanta, Edi, 2003, Kupas Tuntas Telepon Seluler, Penerbit Andi, Jogjakarta

Petersson, Lars, 2004, , (accessed 30 Okt 2007)

Pressman, Roger S, 2005, Rekayasa Perangkat Lunak.Buku 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sutedjo Budi, 2004, Teleakses Database Pendidikan Berbasis Ponsel, Andi, Yogyakarta

Williams, Cumming, 1993, Istilah Mutakhir Dunia Komputer, Penerbit PT. Dinastindo Adi Perkasa Internasional, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.