IMPLEMENTASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS UNTUK MENENTUKAN KEMUNGKINAN TINGKAT KETERCAPAIAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI

Aa Zenzen Zaenal Abidin

Abstract


Nilai keterampilan komputer, nilai matematika dan bahasa Inggris pada saat  kelas 3 SMP  yang tersimpan dalam basis data digunakan untuk menentukan tingkat ketercapaian kompetensi pembelajaran Keterampilan Komputer dan pengelolaan Informasi (KKPI)  di kelas I SMK pada masa lampau. Nilai keterampilan komputer, nilai matematika dan bahasa Inggris pada masa sekarang  digunakan untuk  menentukan kemungkinan tingkat ketercapaian kompetensi pembelajaran KKPI di kelas I SMK pada masa sekarang sebagai informasi untuk meminimalisir dan mendiagnosa awal faktor-faktor yang bisa diantisipasi lebih dini. Sistem digunakan sebagai salah satu media komunikasi antar guru pembina dan guru muda dalam mengelola pembelajaran. Algoritma K-Nearest Neigbohr digunakan untuk menentukan kemiripan kondisi masa lampau dan kondisi sekarang dengan menggunakan rumus similarity. Kasus sekarang dibandingkan kasus lampau kemudian diukur similarity-nya. Nilai similarity tertinggi menunjukkan kemiripan antara kasus yang dibandingkan, sehingga menjadi dasar pengambilan kesimpulan kemungkinan tingkat pencapaian kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan sistem dapat menghitung nilai similarity dan membuat kesimpulan kemungkinan pencapaian tingkat kompetensi KKPI berdasarkan pada nilai keterampilan komputer, nilai matematika dan bahasa Inggris. Sistem dapat digunakan sebagai model  komunikasi guru muda dan guru pembina dalam proses pembelajaran.

References


Kusrini, Luthfi, E., T., 2009, Algoritma Data Mining, Andi Offset, Yogyakarta

Pal, S., K., Shiu, S., C., K., 2003, Foundations of Soft Case-Based Reasoning, Wiley

Romeo, C., Ventur, S., Espejo, P., G., Hervas, C., Data Mining Algorithms to Classify Students, Cordoba University

Sarkar, M., Leong, T., Y., 2007, Application of K-Nearest Neighbors Algorithm on Breast Cancer Diagnosis Problem, National University of sngapore, dapat diakses pada:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2243774/pdf/procamiasymp00003-0794.pdf

Watson, I., 1997, Applying Case-Based Reasoning, Morgan Kaufmann Publishers,Inc, San Francisco, California

Wu, X., Kumar, V., 2009, The Top Ten Algoritms in Data Mining, Taylor & Francis Group, LLC Chapman & Hall/CRC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.