APLIKASI PEMILIHAN OPERATOR SUMUR PRODUKSI MENGGUNAKAN FUZZY AHP DAN FUZZY TOPSIS DI PT. GEOTAMA ENERGI

Rifki Indra Perwira

Abstract


Dalam penentuan karyawan operator sumur produksi pada suatu sumur minyak terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian.Penilaian ini berdasarkan penilaian kinerja, yakni pengetahuan tentang Peralatan Kerja,    HSE Awareness,    Production System,     Production Lifting Method,     Operasi Perawatan Sumur dan  Operasi Tekanan Dasar Sumur. Demi efisiensi dan efektifitas kerja maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan.
Makalah ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan karyawan berprestasi dengan menggunakan metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (AHP), dimana masing-masing kriteria dalam hal ini faktor- faktor penilaian dan alternatif dalam hal ini para karyawan dibandingkan satu dengan yang lainnya sehingga memberikan output nilai intensitas prioritas yang menghasilkan suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap setiap karyawan.
Sistem pendukung keputusan ini membantu melakukan penilaian setiap karyawan, melakukan perubahan kriteria,dan perubahan nilai bobot. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan karyawan berprestasi, sehingga akan di dapatkan karyawan yang paling layak ditempatkan menjadi Operator Sumur Produksi.

Keywords


Operator Sumur Produksi, AHP, Fuzzy



DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v12i1.522

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31315/telematika.v12i1.522.g491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika